Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Cara Blog : Membuat Blog Gratis dengan Blogspot

Cara membuat Blog Gratis dengan Blogspot

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang " Cara membuat blog gratis menggunakan blogspot ", belajar membuat blog tidaklah susah dan tidak membutuhkan keahlian IT secara mendalam. Hal ini disebabkan karna cara membuat blog menggunakan platform blogspot memang sangat gampang, feature yang disediakan oleh blogspot mendukung untuk itu. apalagi di indonesia untuk support themes menggunkan platform blogspot ini banyak disupport di forum dan di blog yang fokus mengembangkan themes blogger dengan platform Blogspot.

Membuat Blog dengan menggunakan blogger


Ada beberapa alasan orang Membuat Blog diantaranya yaitu :

  1. Membuat Blog Pribadi
  2. Membuat Portal Berita
  3. Membuat Toko Online

Untuk membahas lebih dalam dan tuntas cara membuat blog gratis menggunkan blogspot ini, langkah yang harus anda lakukan adalah :

1. Membuat Akun Gmail

Sebelum anda membuat blog dengan menggunakan flatform blogger/blogspot maka anda di wajibkan membuat akun gmail google terlebih dahulu, anda harus membaca artikel tekinfom tentang Cara membuat Email Gmail

  1. " Cara membuat Email Gmail Gratis Layanan Google ".

2. Membuat Blog Simple Pertama Kita

Langkah selanjutnya ketika anda sudah mempunyai akun email gmail google, anda sudah bisa menuju ke tahap selanjutnya yaitu membuat blog baru.


A. Menuju ke alamat Blogger.com


  1. https://www.blogger.com/home

B. Login dengan menggunakan akun Gmail

Setelah anda mengakses halaman url blogger.com maka langkah yang harus anda lakukan berikutnya adalah melakukan login menggunakan akun gmail yang sudah anda punya ( Catatan : akum login gmail memang bisa dipakai langsung untuk menggunkan blogger / blogspot tanpa melakukan registrasi kembali ).
Login Blogspot menggunakan Akun Gmail

C. Buat Blog Baru Anda

Setelah anda login akan muncul tampilan seperti ini. Klik Tombol Berikut !.




D. Beri Nama dan subdomain Blog Anda

Langkah selanjutnya anda harus membuat nama blog serta subdomain yang akan anda gunakan untuk blog yang akan anda buat.


Keterangan nomor pada gambar :

  1. Nomor 1 isi dengan judul atau nama blog
  2. Nomor 2 isi dengan alamat / subdomain blog kita
  3. Nomor 3 Pilih template blog kita, kita bisa merubah-nya nanti pada halaman template, untuk sementara pilih themes bawaan terlebih dahulu
  4. Nomor 4 merupakan keterangan alamat / subdomain blog yang kita ketik atau pilih tersedia atau tidak, pastikan alamat blog / subdomain blog tersedia.
  5. Nomor 5 tekan tobol buat blog, untuk membuat blog anda.

E. Isi Artikel Blog Anda

Setelah anda selesai membuat blog langkah selanjutnya adalah kontent/alias artikel, dengan mengisi artikel pertama anda maka anda sudah memulai blogging anda, aktiflah dalam mengisi kontent untuk blog anda apalagi bila tujuan anda membuat blogger adalah untuk mendapatkan penghasilan dari internet, khususnya penghasilan dengan google adsense. untuk bisa menghasilkan penghasilan dari google adsense anda membutuhkan jalan yang panjang dan butuh kesabaran untuk melakukannya.


D. Dashboard Blogger 

Sampai pada tahapan membuat artikel, proses pembuatan blogger belum lengkap sepenuhnya anda masih harus mengenal fungsi dashboard blogger terlebih dahulu supaya anda bisa melakukan optimasi blog secara lebih custom lagi, baik dari segi setingan maupun SEO.




Keterangan nomor pada gambar :
  1. Nomor 1 Tombol ini bisa kita gunakan untuk membuat blog baru lagi
  2. Nomor 2 Tombol ini bisa kita gunakan untuk membuat post baru
  3. Nomor 3 Tombol ini bisa kita gunakan untuk melihat blog secara live
  4. Nomor 4 Daftar shortcut menuju pengaturan, post, dsb.
  5. Nomor 5 Area artikel dari blog yang kita ikuti atau follow
  6. Nomor 6 Area identitas atau profil kita di google, dalam area ini kita bisa login dan logout.
Jika Anda ingin mendowload  themes bagus, premium, profesional atau themes yang sesuai dengan keperluan anda, anda bisa klik link " Kumpulan Themes Blogger Gratis ". Oke... sekian Artikel saya kali ini semoga bermanfaat. baca kembali page ini jika ingin melihat update artikel terbaru lainnya.