Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Tren Belanja Ramadhan 2021 Menurut Facebook

Tekinfom.com -  Besok hari kita sudah merambah bulan bersih Ramadhan. Kebiasaan belanja di bulan puasa memiliki karakteristik tertentu.

Tren Belanja Ramadhan 2021 Menurut Facebook


Tren belanja di bulan Ramadhan ini dibeberkan Facebook dalam studi bersama YouGov dengan survey pada 17. 758 orang berusia. Survey ini bertujuan untuk untuk mencermati sikap banyak orang yang membeli- beli di bulan Ramadhan yang dilakukan 23 Mei dan 13 Juni 2020 dahulu, seperti diamati Tekinfom, Senin( 12/ 4/ 2021).

Tanya jawab ini dilakukan di 11 negara yaitu 8 negara kebanyakan mukmin seperti; Mesir, Indonesia, Malaysia, Pakistan, Nigeria, Arab Saudi, Turki dan Uni Emirat Arab( UEA). Lebihnya dilakukan di negara minoritas mukmin yaitu Prancis, Jerman, dan Inggris.

Ini merupakan survey dengan multiple jawaban. Partisipan survey bisa menanggapi lebih dari satu opsi balasan sehingga menciptakan persentasi yang besar dari opsi tanggapannya. Karena memang responden pada faktanya memiliki banyak opsi cara membeli- beli yang dilakukan sekalian.

Dari survey itu terbongkar kalau 73% responden mendapatkan gagasan untuk membeli- beli keperluan Ramadhan melalui program digital. Lalu sebesar 69% mendapatkan inspirasinya saat sedang menggunakan ponsel pintar. Sementara 56% responden baru termotivasi untuk membeli- beli keperluan Ramadhan saat sudah terletak di gerai.

Di antara data di atas, mayoritas responden mendapatkan gagasan untuk membeli- beli melalui program Facebook dengan pengajuan 64%. Disusul di antrean kedua yaitu dari Instagram sebesar 54%, lalu melalui e- Commerce sebesar 52% dan sebesar 43% mendapatkan gagasan membeli- beli dari WhatssApp.

Bila mereka membeli- beli? 25% responden warnanya membeli- beli menjelang akhir Bulan Ramadhan. Lalu pada dini Ramadhan sebesar 15%. Sedangkan saat saat sebelum Ramadhan terdapat 16% responden yang membeli- beli di waktu itu.

Untuk tipe- tipe benda yang dibeli saat Ramadhan, sebesar 91% responden membeli- beli beberapa barang mengkonsumsi individu. Lalu sebesar 74% membelanjakannya di e- commerce. Sebesar 68% para responden juga menghasilkan uangnya untuk mendanakan.

Berikutnya sebesar 55% uang dibelanjakannya untuk kebutuhan hiburan. Di bawahnya sebesar 28% dibelanjakan untuk membeli beberapa barang elektronik. Terakhir sebesar 20% dibelanjakan untuk membeli alat transportasi, sedangkan cuma 19% responden menggunakan uangnya untuk traveling.

Bukan hanya itu, ternyata para responden saat sebelum belanja, juga memikirkan keadaan selanjutnya, loh. Sebesar 63% mereka sangat hirau dengan harga benda yang akan dibelinya. Sebesar 55% mereka hirau dengan harga biaya pengiriman juga loh. Ternyata, cuma 49% responden yang hirau dengan ijab diskon.

Terakhir, Facebook melaporkan sebesar 54% responden membeli santapan dan minuman dengan cara langsung di tokonya. Cuma sebesar 29% responden yang suka membeli- beli santapan dan minuman dengan cara online.

Untuk pakaian merupakan sebaliknya. Cuma 19% responden membeli- beli pakaian dengan cara langsung di tokonya. Sedangkan sebesar 40% responden lebih menyukai membeli- beli pakaian dengan cara online.

Nah, jika Kamu gimana detikers? Bila belanja saat Ramadhan, dan paling suka beli apa? Sampaikan pengalaman Kamu di kolom pendapat. 

Menembus Batas

Posting Komentar