Penjelasan Ukuran Mega Pixel Handphone

Tekinfom.com -  Megapixel kerap dijadikan barometer spesifikasi sebuah kamera dan juga kualitasnya. Tetapi sebenarnya megapixel itu apa sih?

Penjelasan Ukuran Mega Pixel Handphone


Megapixel merupakan ukuran resolusi yang bisa direkam oleh sebuah kamera, persisnya sensor yang digunakan di kamera tersebut. Satu megapixel sebanding dengan satu juta pixel, yaitu kotak- kotak kecil yang disusun jadi sebuah gambar.


Nah, jumlah pixel yang bisa direkam ini kerapkali dijadikan senjata oleh pabrikan HP untuk memperlihatkan mutu kameranya. Meski terkadang ada benarnya, kerapkali kamera dengan jumlah megapixel yang lebih besar tak selalu lebih bagus dari kamera dengan megapixel yang lebih kecil.


Bagi Nikhil Bhogal, mantan aplikasi engineer di Apple yang turut melakukan teknologi di iPhone, mutu dari pixel yang diperoleh lebih berarti dibanding jumlah pixel yang ada di sensor kamera, paling utama di kamera HP


" Bahkan dalam sebuah gambar yang kecil, kamu bisa menaruh banyak informasi bermutu bagus. Kamu tak menginginkan gambar 40 megapixel untuk menemukan informasi sebesar itu," ucap Bhogal seperti diamati dari Time, Sabtu( 17/ 4/ 2021).


Jadi bagaimana caranya untuk tingkatkan mutu pixel yang diperoleh sensor kamera? Salah satu caranya merupakan dengan membuat ukuran pixel lebih besar, hal ini akan tingkatkan mutu foto yang diperoleh tetapi tak memperbesar jumlah megapixel.


Bhogal melaksanakan ukuran pixel ini seperti sebuah ember. Semakin besar ember yang digunakan, semakin banyak pula air yang bisa ditampung. Begitu juga dengan pixel, semakin besar, maka sinar yang bisa direkam juga semakin banyak


Ukuran pixel yang lebih besar ini membuat sinar lebih mudah masuk ke bagian sensitif sinar di sensor. Walhasil gambar yang diperoleh lebih bagus, noise( bercak- bercak dalam gambar) lebih sedikit.


Hal lain yang juga mempengaruhi kepada mutu gambar yang diperoleh merupakan lensa. Ilustrasinya mutu optik yang digunakan, juga bukaan diafragma maksimal dari lensa tersebut. Kian besar diafragmanya, kian banyak sinar yang bisa masuk.


Tetapi resolusi yang besar juga bukan sama sekali tak bermanfaat, karena bersamaan dengan kemajuan era, resolusi besar itu juga diiringi dengan fitur yang bermanfaat.


Ilustrasinya pixel binning, yaitu mencampurkan empat pixel( atau lebih) jadi satu pixel. Walhasil ukuran pixel jadi lebih besar, dan resolusi tetap ahli. Misalnya pixel binning 4 in 1 di sensor 64 MP akan menciptakan foto 16MP, atau bahkan saat ini di sensor 108MP mendukung pixel binning 9 in 1, yang menciptakan foto 12MP dengan mencampurkan 9 pixel jadi satu.


Khasiat lain dari resolusi yang kelewat besar seperti 108MP tersebut merupakan digital zoom. Yaitu memperbesar sebuah subjek dengan meng- crop foto, yang karena jumlah pixelnya banyak, relatif tak akan mengurangi mutu dari gambar yang di- crop.


Jadi gimana, pilih kamera HP yang resolusinya besar atau yang standar- standar saja, nih?