Begini Kehebatan Jet Tempur Kolaborasi Indonesia-Korsel

Tekinfom.com -  Menteri Luar Negara Korea Selatan( Korsel) Chung Eui- yong dan Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto akur untuk meneruskan kegiatan sama dalam proyek jet tempur KF- X/ IF- X. Seperti apa kebolehan pesawat fighter ini?

Begini Kehebatan Jet Tempur Kolaborasi Indonesia-Korsel


Seperti dikabarkan, prototipe jet tempur kerja sama Korea Selatan dengan Indonesia dikeluarkan oleh Korea Selatan. Menteri Pertahanan( Menhan) RI Prabowo Subianto mendatangi Roll- Out Ceremony dari prototipe jet tempur generasi berikutnya KF- X/ IF- X di Negara Kolesom itu.

KF- X ataupun julukan yang lain saat esok dioperasikan merupakan KF- 21 Boramae, tertuju untuk mengambil alih jet tempur Korsel yang kian dewasa, ialah jet F- 4D/ E Phantom II dan F- 5E/ F Tiger II.

Seperti diambil Tekinfom dari Airforce Technology, Selasa( 13/ 4/ 2021) KF- X diucap sebagai jet tempur generasi 4, 5. Bahasa desainnya termotivasi oleh F22- Raptor harapan Amerika Sindikat yang merupakan jet tempur generasi kelima.

Dikategorikan generasi 4, 5, hingga kemampuannya diucap kurang lebih sebanding dengan jet F- 16 generasi terkini, tetapi kurang siluman jika dibanding dengan F- 35 Lightning II dari AS, yang banyak dianggap sebagai jet tempur tercanggih saat ini.

Proyek KF- X/ IF- X pertama kali diumumkan pada tahun 2001 oleh kepala negara Korsel kala itu, Kim Dae Jung. Pada awalnya, proyek ini sempat diucap sangat ambisius, bahkan oleh lembaga Korsel sendiri, Korea Institute for Defense Analyses. Janji juga beberapa kali terjadi. Tetapi pada akhirnya, proyek ini jalur lalu.

Pesawat ini memiliki panjangnya 15, 6 meter, jauh kapak 10, 72 meter dan berat maksimal untuk take off 53. 200 lb ataupun di kisaran 23 ribu kilogram. Ada pula kecekatan maksimumnya bocor sampai 1, 9 Mach, dan bisa menampung satu ataupun bentuk 2 pilot. Kokpitnya sendiri dilengkapi dengan atap kontra tumbukan kukila.

Mesinnya 2 buah ciptaan General Electric bernama F414- GE- 400 yang dilengkapi dengan digital electronic control system( FADEC). Masing- masing mesinnya itu memiliki daya ambil maksimal 10 ton.

Ada pula keseluruhan pencari untuk melacak rival di seluruh arah mencakup Elta Systems active electronic scan( AESA), tracking and tracking system( IRST), electro- optical targeting system( E/ O)( EOTS), dan radio frequency jammer( RF)).

Gimana dengan senjatanya? Jet tempur KF- X/ IF- X akan dilengkapi peluru kendali udara ke udara MBDA Meteor dan Diehl( Infra Red Imaging System Tail/ Thrust Vector- Controlled) IRIS- T. RIS- T merupakan program yang dipimpin Jerman untuk meningkatkan peluru kendali udara- ke- udara inframerah jarak pendek untuk mengambil alih Sidewinder AIM- 9 yang digunakan di beberapa negara badan NATO.

Terdapatnya sistem BRU- 57 Dual Intelligent Munition Discharge System buatnya dapat membuat bom kategori 2. 000 pound ataupun sekitar 907 kilogram, sebanding dengan F- 16.

Korsel diucap memiliki 63% teknologi yang diperlukan untuk menghasilkan jet KF- X/ IF- X, lebihnya berekanan dengan negara lain.