Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Apa Itu Hilai Secara Ilmiah, Ini dia Penjelasannya

Tekinfom.com -  Hiilal jadi faktor berarti dalam Sidang Afirmasi untuk penentuan dini Ramadan 2021. Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional( LAPAN) memberikan uraiannya hal uraian bulan sabit dengan cara alamiah.

Apa Itu Hilai Secara Ilmiah, Ini dia Penjelasannya


Begitu juga merangkum dari catatan Profesor Dokter Thomas Djamaluddin, MSc, sebenarnya ia sudah banyak mangulas hal bulan sabit untuk memastikan dini bulan hijriah. Tetapi dengan cara pendek bisa dibilang bulan sabit merupakan bulan sabit yang nampak, yang merupakan kejadian rukyat( pemantauan). Tetapi terdapat juga ayat- ayat yang dengan jelas melaporkan kalau manzilah- manzilah( termasuk manzilah pertanyaan bulan sabit) dapat dihitung( hitung).

" Jadi, rukyat dan hitung sebanding, dapat silih mengambil alih ataupun silih memenuhi. Tanda- tanda dini bulan yang berbentuk bulan sabit dapat diamati dengan mata( rukyat) dan dapat juga dihitung( hitung) berdasarkan kesimpulan keteraturan fase- fase Bulan dan data- data rukyat sebelumnya tentang mungkin bulan sabit dapat dirukyat," catat Thomas dalam blognya.

Terdapat banyak cara yang digunakan untuk memastikan bulan sabit, yang yang lain merupakan dengan semata- mata hitung Bulan bentuk di atas batas pemandangan( wujudul bulan sabit). Tetapi, Thomas berterus terang tidak menemukan bagian yang jelas yang bisa menjelaskan pertanyaan wujudul bulan sabit itu.

" Terdapat yang beranggapan pertanda wujudul bulan sabit itu terdapat di dalam QS 36: 40," tuturnya.

Lalu, gimana pertanyaan determinasi dini bulan dengan menggunakan tanda- tanda pasang air laut, dapat dibenarkan? Thomas mengatakan tidak. Pasang air laut memang dipengaruhi oleh Bulan dan Mentari. Pada saat bulan baru, pasang air laut maksimal. Tetapi, bulan baru belum berarti terlihatnya bulan sabit. Lagi pula, pasang maksimal yang terjadi 2 kali sehari tidak memberikan kejelasan untuk memastikan dini bulannya.

" Terkait dengan bulan sabit, dengan cara ilmu, astronomi cuma mendeskripsikan newmoon/ ijtimak dan menelaah pertanyaan prasyarat visibilitas/ ketampakan bulan sabit( crescent). Newmoon selalu timbul pada almanak astronomi," ucap Thomas.

" Visibilitas bulan sabit( Lunar crescent visibility) kerap timbul di harian astronomi. Untuk memperhitungkan sesuatu rancangan alamiah ataupun tidak, mudah saja. Amati/ browsing harian dan buku- buku teks standar astronomi, apakah rancangan itu diulas ataupun tidak," tegasnya.

Menembus Batas

Posting Komentar