Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Peluang Asteroid Apophis Hantam Bumi

Asteroid Apophis yang membuat astronom belingsatan selama 17 tahun ditentukan tidak akan berkesempatan menabrak Alam.

Tekinfom.com, Asteroid Apophis yang membuat astronom belingsatan selama 17 tahun ditentukan tidak akan berkesempatan menabrak Alam, paling tidak tidak untuk 100 tahun ke depan bagi NASA.


Asteroid berdiameter 340 meter ini pertama kali membuat gempar setelah ditemukan pada tahun 2004. Namanya didapat dari Dewa Mesir Kuno Apophis yang dinamai Dewa Kekalutan.

Peluang Asteroid Apophis Hantam Bumi


Apophis luang diucap sebagai salah satu asteroid paling beresiko yang berpotensi menabrak Alam. Perkiraan sebelumnya mengatakan Apophis akan melampaui Alam dengan jarak sangat dekat pada 2029 dan 2036.


NASA sudah membenarkan tidak akan terdapat kemampuan tumbukan dalam 2 pendekatan itu, tetapi masih terdapat ancama yang membayang- bayangi saat Apophis mendekati Alam pada tahun 2068.


Saat ini berkah pemantauan teleskop terkini, NASA membenarkan Apophis tidak akan menabrak Alam di tahun 2068 dan namanya telah dihapus dari catatan asteroid beresiko yang diresmikan oleh Center for Near- Earth Object Studies( CNEOS).


" Tumbukan tahun 2068 tidak termasuk dalam mungkin, dan kalkulasi kita tidak membuktikan resiko tumbukan paling tidak selama 100 tahun ke depan," tutur periset dari CNEOS, David Farnocchia, seperti diambil dari The Guardian, Minggu( 28/ 3/ 2021).


Akademikus sukses menginovasi jalur Apophis saat mengitari mentari berkah pemantauan pencari terkini yang dilakukan dini bulan ini, saat asteroid itu melampaui Alam dengan jarak sekitar 17 juta kilometer.


Untuk mencermati Apophis, astronom menggunakan antena radio Goldstone kepunyaan Deep Ruang Jaringan di California, Amerika Sindikat dan Green Bank Telescope di West Virginia, AS. Kedua antena ini bahkan sukses membekuk lukisan Apophis walaupun sangat angkat kaki.


Foto ini dapat menolong astronom menguasai Apophis lebih jauh. Astronom juga dapat menekuni asteroid ini untuk memastikan bentuknya, karena pemantauan sebelumnya membawa alamat Apophis memiliki wujud seperti kacang.


Astronom akan mendapatkan peluang lain untuk mencermati Apophis saat ia mendekati Alam pada 13 April 2029 dengan jarak cuma 32 ribu kilometer. Jarak itu jauh lebih dekat dibanding jarak satelit yang memutari Alam di ketinggian 36 ribu kilometer.


Apophis akan dapat diamati oleh banyak orang yang bermukim di Alam bagian timur dengan mata bugil, tidak perlu menggunakan teleskop ataupun teropong. Astronom juga dapat menekuni Apophis dengan lebih dekat.


" Kala aku mulai bertugas dengan asteroid setelah universitas, Apophis merupakan anak emas asteroid beresiko," cakap Farnocchia.


Terdapat rasa kebahagiaan tertentu melihatnya dihapus dari catatan beresiko, dan kita tidak adem menantikan ilmu yang mungkin ditemukan selama pendekatan di 2029," pungkasnya. 

Menembus Batas

Posting Komentar